http://www.facebook.com/danu.suryani/photos

DANU SURYANI

Get Gifs at CodemySpace.com

semoga bermanfaat, dan MOHON KOMENTARNYA !!!

semoga bermanfaat, & MOHON KOMENTARNYA !!!

Silahkan dilihat'.........

Kamis, 12 Januari 2012

Konsep Manajemen



Definisi Manajemen
Istilah pengelolaan dalam penelitian ini diterjemahkan dari dan identik dengan konsep manajemen sehingga dalam pemakaiannya saling dipertukarkan, dan menyebutkan istilah pengelolaan sama dengan konsep manajemen. Dalam arti pengelolaan, Mulyono Sadyohutomo (2008: 1) berpendapat bahwa “Manajemen adalah suatu proses pengaturan atau ketatalaksanaan untuk mencapai suatu tujuan dengan melibatkan orang lain.”
Kamus Umum Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan dan Kebudayaan terbitan Balai Pustaka (dalam Sampara Lukman, 1999: 2) mengartikan manajemen sebagai “suatu proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.” Sementara itu, Sampara Lukman (1999: 2) berpendapat bahwa “Manajemen adalah kemampuan seseorang mempengaruhi orang lain agar orang tersebut termotivasi dengan menggunakan keahliannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”
Dwight Waldo (dalam Sampara Lukman, 1999: 2) mendefinisikan manajemen sebagai “suatu rangkaian tindakan dengan maksud untuk mencapai hubungan kerjasama yang rasional dalam suatu sistem administrasi.” Dalam definisi manajemen tersebut, Dwight Waldo terutama menekankan aspek rasionalitas, sehingga manajemen pada dasarnya dipandang sebagai “suatu rangkaian tindakan yang dimaksudkan untuk mencapai rasionalitet yang dilakukan secara sadar.”
Business Dictionary (dalam http://www.businessdictionary.com/definition/ management.html) mendefinisikan manajemen sebagai “organization and coordination of the activities of an enterprise in accordance with certain policies and in achievement of clearly defined objectives” (pengorganisasian dan koordinasi terhadap rangkaian aktivitas dari suatu organisasi berdasarkan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan dan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan secara jelas).
The American Heritage (dalam Dictionary of the English Language, Fourth Edition copyright ©2000 by Houghton Mifflin Company. Updated in 2009. Published by Houghton Mifflin Company, yang dapat ditemukan pada http://img.tfd.com/hm/mp3/M0070600) mengartikan manajemen sebagai “The act, manner, or practice of managing; handling, supervision, or control. 2. The person or persons who control or direct a business or other enterprise. 3. Skill in managing; executive ability” (1. Tindakan, cara atau praktik mengelola: menangani, memantau, atau mengawasi. 2. Orang atau sekumpulan orang yang mengawasi atau mengarahkan suatu organisasi. 3. Ketrampilan dalam mengelola: kemampuan eksekutif).
Thesaurus Legend (dalam WordNet 3.0, Farlex clipart collection. © 2003-2008 Princeton University, Farlex Inc.) secara umum mendefinisikan manajemen sebagai “The act of managing something; management of the program; the direction of the economy" (Tindakan mengelola sesuatu; misalnya mengelola program; mengarahkan ekonomi). Sementara itu, Brainy Media (dalam http://www.brainyquote.com/index.html) secara detail mendefinisikan manajemen sebagai “The act or art of managing; the manner of treating, directing, carrying on, or using, for a purpose; administration; guidance; control” (Tindakan atau seni mengelola: cara menyatakan, mengarahkan, melaksanakan, atau menggunakan, misalnya administrasi, bimbingan, pengawasan).
Berdasarkan pendapat dan pandangan tersebut di atas, maka manajemen pada intinya berhubungan dengan serangkaian tindakan mengelola organisasi berdasarkan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan secara jelas dalam organisasi yang bersangkutan. Di dalam organisasi, tindakan mengelola tersebut mencakup merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengawasi.

Fungsi Manajemen
Mulyono Sadyohutomo (2008: 2) dan M. Manullang (1996: 17) mengemukakan bahwa “Fungsi manajemen dirumuskan George R. Terry ada 4, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengendalian (controlling). Semua proses tersebut dilakukan dalam rangka mengemban tugas pokok organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”
George R. Terry (dalam Mulyono Sadyohutomo, 2008: 2) mengemukakan bahwa manajemen mencakup empat fungsi dasar, yang sering disingkat menjadi POAC, yaitu:
1)        Planning (Perencanaan)
2)        Organizing (Pengorganisasian)
3)        Actuating (Penggerakan)
4)        Controlling (Pengawasan).
Dalam kaitan dengan fungsi manajemen yang dirumuskan oleh George R. Terry tersebut, Mulyono Sadyohutomo (2008: 2) menyatakan pendapatnya sebagai berikut:
“Dalam manajemen modern, keempat fungsi manajemen sebagaimana dikemukakan George R. Terry tersebut bukan berjalan secara linier, tetapi merupakan siklus spiral. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa siklus manajemen yang dilakukan oleh suatu organisasi adalah merencanakan, mengorganisasikan staf dan sumber daya yang ada, melaksanakan program kerja, dan mengendalikan jalannya pekerjaan. Di dalam tahapan pengendalian dilakukan evaluasi untuk memperoleh umpan balik (feed back) untuk dasar perencanaan selanjutnya atau untuk perencanaan kembali (replanning). Demikian seterusnya sehingga kegiatan fungsi-fungsi manajemen tersebut merupakan suatu siklus spiral.”

Keempat fungsi manajemen (Mulyono Sadyohutomo, 2008: 2) tersebut telah diperluas pengertiannya oleh beberapa ahli sebagai berikut:
1)   Planning, termasuk forecasting (prakiraan) dan budgeting (perencanaan pendanaan).
2)   Organizing, termasuk staffing (pengaturan staf) atau assembling resources (pemaduan sumber daya).
3)   Actuating, termasuk leading (kepemimpinan) dan coordinating (koordinasi). Leading termasuk directing atau commanding (perintah) dan motivating (motivasi).
4)   Controlling, termasuk evaluating (penilaian) dan reporting (pelaporan).

Dalam kaitan dengan fungsi manajemen, Business Dictionary (dalam http://www.businessdictionary.com/definition/management.html) menyebutkan bahwa “As a discipline, management comprises of the interlocking functions of formulating corporate-policy and organizing, planning, controlling, and directing the firm's resources to achieve the policy's objectives” (Sebagai sebuah disiplin ilmu, manajemen mencakup fungsi-fungsi yang saling berhubungan dalam hal merumuskan kebijakan organisasi dan mengorganisasikan, merencanakan, mengawasi, serta mengarahkan sumber daya-sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan dari kebijakan yang telah dirumuskan).
Dengan demikian, manajemen merupakan proses pencapaian tujuan organisasi melalui orang lain dengan cara menjalankan fungsi merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), menggerakkan (actuating), dan mengendalikan (controlling).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar