http://www.facebook.com/danu.suryani/photos

DANU SURYANI

Get Gifs at CodemySpace.com

semoga bermanfaat, dan MOHON KOMENTARNYA !!!

semoga bermanfaat, & MOHON KOMENTARNYA !!!

Silahkan dilihat'.........

Kamis, 12 Januari 2012

Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia


Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Dengan semakin beragamnya sumber daya manusia, masalah yang dihadapi organisasi juga semakin kompleks karena organisasi dihadapkan pada pengelolaan sumber daya manusia yang semakin beragam tersebut.
Organisasi merupakan tempat berkumpul dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu, semakin banyak sumber daya manusia yang terlibat di sana semakin kompleks pula organisasi tersebut. Pengelolaan sumber daya manusia bukan sesuatu yang baru, karena sejak dulu telah banyak diperbincangkan khususnya bagaimana cara pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dalam suatu organisasi.
Amstrong (1988:3) mengemukakan bahwa pengelolaan sumber daya manusia adalah suatu pendekatan terhadap empat prinsip dasar yaitu;
1.      Sumber daya manusia adalah suatu harta yang paling penting yang dimiliki oleh suatu organisasi.
2.      Keberhasilan organisasi sangat mungkin dicapai dengan sumber daya manusis dari perusahaan tersebut saling berhubungan.
3.      Kultur dan nilai perusahaan, suasana organisasi dan perilaku manajerial yang berasal dari kultur tersebut akan memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pencapaian yang terbaik.
4.      Integrasi, yaitu menjadikan semua anggota organisasi tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
       Pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia adalah proses yang meliputi beberapa langkah. Pertama, penyusunan proyeksi perusahaan (kondisi internal organisasi), Kedua, meninjau dokumen kemampuan manajemen untuk menentukan bakat pimpinan yang kini dimiliki (pendidikan, pengalaman, kompensasi, komunikasi dan motivasi). Ketiga, peyusunan bagan pergantian pimpinan.
Lebih lanjut Dessler (1986:280) mengemukakan bahwa tingkat manajemen yang berbeda memiliki kebutuhan pengembangan yang berbeda pula. Penelitian ini ingin mengangkat masalah kesatu dan kedua karena masalah tersebut sangat kompleks.
(1) Kondisi organissasi
Kondisi organisasi adalah kondisi dimana karyawan bekerja yang meliputi persamaan peluang bagi semua anggota organisasi, tidak adanya perbedaan perilaku dalam pelaksanaan tugas, adanya program pengembangan dalam bentuk pelatihan dan adanya rasa ikut memiliki bagi semua anggota organisasi.
(2) Pendidikan
Pendidikan adalah jalur atau jenjang yang berkesinambungan yang menunjukkan. peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia yang meliputi:
a)      Pendidikan umum atau pendidikan dasar yang merupakan bekal agar SDM mempunyai pengetahuan dasar yang memadai dan siap untuk  dilatih.
b)      Latihan ketrampilan teknis (technical know how) atau profesionalisme untuk bidang tertentu baik tingkat rendah, menengah, atau tinggi.
Jenjang latihan untuk pengembangan diri, mempersiapkan SDM agar lebih kreatif, bukan hanya memiliki kemampuan teknis, tetapi juga memiliki kemampuan manajerial, mengembangkan diri untuk menjadi unsur pimpinan dalam bidangnya yang mampu dikembangkan.
(3) Pengalaman
            Pengalaman adalah pembelajaran individual atau biasa disebut dengan learningform experience atau pembelajaran dari pengalaman. Hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah:
a. Jenis pengalaman yang bisa mendorong pengembangan.
b. Apa yang bisa diajarkan oleh pengalaman, dan
c. Desain sistem pengembangan yang bisa mendatangkan manfaat yang maksimal.
(4).Kompensasi
Kompensasi adalah penghargaan manajemen yang diberikan secara umum dengan tujuan memberikan dorongan kepada karyawan guna pencapaian tujuan organisasi, atau segala sesuatu yang diterima oleh para karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka (Handoko, 1989:155). Dalam penelitian ini kompensasi yang diangkat adalah kompensasi dalam bentuk modal usaha, program pelatihan, penerbitan ijin usaha dan penyuluhan karena keempat kompensasi inilah yang sangat diperlukan pengusaha untuk lebih meningkatkan kinerja organisasi.
(5) Komunikasi
Komunikasi adalah aktivitas yang menyebabkan orang lain menginterpretasikan suatu ide, terutama yang dimaksudkan oleh pembicara atau penulis (Flippo, 1992:448). Dalam penelitian ini proses komunikasi yang diangkat adalah kesadaran akan pentingnya komunikasi, komitmen untuk berkomunikasi, tingkat keterlibatan karyawan untuk berkomunikasi dengan atasan guna kepentingan organisasi serta dukungan dari semua pihak atas terciptanya komunikasi yang baik antara karyawan dengan karyawan serta karyawan dengan atasan.
(6) Motivasi
            Motivasi merupakan akibat dari interaksi seseorang dengan situasi tertentu yang dihadapinya, sehingga terdapat perbedaan dalam kekuatan motivasi yang ditunjukkan oleh seseorang dalam menghadapi situasi tertentu dibandingkan dengan orang lain yang menghadapi situasi yang sama (Siagian, 1997:137).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar