http://www.facebook.com/danu.suryani/photos

DANU SURYANI

Get Gifs at CodemySpace.com

semoga bermanfaat, dan MOHON KOMENTARNYA !!!

semoga bermanfaat, & MOHON KOMENTARNYA !!!

Silahkan dilihat'.........

Kamis, 12 Januari 2012

Pengertian Efektivitas Kerja .



Untuk lebih memahami pengertian efektivitas kerja pegawai, maka perlu kiranya menguraikan makna tersebut.
Soewarno Handayaningrat (1994:16), mengutip pendapat Emerson yang menjelaskan pengertian efektivitas sebagai berikut, “Efektivitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.”
Sedangkan The Liang Gie (1981:37), mengemukakan bahwa “Efektivitas mengandung arti terjadinya suatu efek yang dikehendaki. Jadi perbuatan yang menimbulkan akibat sebagaimana yang dikehendaki orang lain.”
Dari kedua pendapat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa efektivitas adalah tercapainya suatu tujuan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya atau dengan kata lain bila sasaran atau tujuan telah tercapai sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya dapat dikatakan efektif. Demikian pula sebaliknya bila tujuan atau sasaran tidak sesuai dengan yang telah direncanakan, maka pekerjaan itu dapat dikatakan tidak efektif.
Berdasarkan pada pengertian efektivitas dan kerja tersebut maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa pengertian efektivitas kerja ialah tercapainya suatu usaha atau pekerjaan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.
Keitz ( 1996:70 ) mengebutkan bahwa efektivitas sebagai fungsi bersama dari efisiensi dan efektivitas kebijakan jangka pendek dalam rangka usaha mencapai keuntungan maksimum bagi organisasi. Dari berbagai uraian terdahulu, terlihat bahwa hal penting untuk mencapai tingkat efektivitas organisai di tentukan oleh administratur sebagaI pimpinan orgnisasi tersebut yang menurut Mintberg dikutif oleh Davis (1989:204 ) menyatakan bahwa peran pimpinan merupakan peran paling penting dari semua peran, tampa kepemimpinan organisasi hanya akan merupakan kegagalan.
Sejalan dengan uraian tersebut, Ackoff terjemahan Haris (1996:29 ) mengemukakan pendapat tentang adanya factor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisai antara lain:
1.      Indikator waktu yang konstan dengan mengukur persentase  hasil pekerjaan yang di selesaikan     
2.      Indikator biaya yang konstan dengan mengukur persentase hasil pekerjaan yang di selesaikan 
3.      Indikator tenaga yang konstan dengan mengukur persentase hasil pekerjaan yang di selesasikan
4.      Menetapkan hasil pekerjaan yang harus diselesaikan, kemudian mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut
5.      Menetapkan hasil pekerjaan yang harus dilaksanakan, kemudian mengukur biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut
6.      Menetapkan hasil pekerjaan yang harus diselesaikan, kemudian mengukur tenaga yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
     Selanjutnya Atmosudirdjo ( 1996:79 ) menyatakan terdapat beberapa cara pendekatan terhadap efektivitas organisasi antara lain yang terpenting adalah :
1.      Pendekan yang mencapai tujuan        
2.      Pendekatan masukan resultat             
3.      Pendekan biaya nilai produk  
4.      Pendekatan pemuasan costumer         
5.      Pendekatan daya saing           
      Untuk  mengukur  efektivitas, menurut steers sering dipergunakan kriteria yang terdiri Dari :  
1.      Kemampuan penyesuain diri                                    
2.      Produktivitas                                    
3.      Kepuasan kerja                                 
4.      Kemampuan berlaba
5.      Pencarian sumber daya                                                                                                  
           Kriteria-kriteria tersebut telah diidentifikasi dengan berbagai alternatif sebagai alat ukur efektivitas. Menyangkut kriteria efektivitas berkaitan dengan pemungutan retribusi, seperti halnya digunakan oleh Ginung Pratidina dalam Tesisnya yang berjudul Pengaruh Strategi Kelembagaan Terhadap Efektivitas Pemungutan Retribusi Parkir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar